Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaringan tumbuhan salah satunya adalah dewasa yang terdiri dari 4 jenis

           1.       Parenkim

Adalah jaringan dewasa yang memiliki banyak ruang antarsel dan masih memiliki sifat meristematis (masih dapat membelah) dan berperan sebagai jaringan pengisi atau dasar, misalnya:

        -                 Parenkim korteks: parenkim yang berperan dalam menyimpan cadangan makanan.

        -          Parenkim mesofil: parenkim yang berperan dalam fotosintesis didaun karena memiliki klorifil, misalnya palisade (jaringan tiang) dan spons (jaringan bunga karang).

            2.       Penyokong

Adalah jaringan yang berfungsi dalam menyokong tegaknya tumbuhan, yang terdiri dari jaringan kolenkim (penyokong pada tumbuhan muda dengan sifat sel yang masih hidup) dan jaringan sklerenkim (penyokong pada tumbuhan dewasa dengan sifat sel yang sudah mati).

            3.       Pengangkut

Adalah jaringan yang berperan dalam proses pengangkutan/transportasi. Jaringan pengangkut dibagi menjadi dua yaitu xilem yang berperan dalam pengakutan air dan garam mineral, serta floem yang berperan dalam pengangkutan hasil fotosintesis.

            4.       Penutup

Adalam jaringan terluar tumbuhan yang berfungsi sebagai jaringan pelindung, penutup. Jaringan ini disebut dengan jaringan epidermis dengan ciri sel rapat, berbentuk balok dan tidak memiliki klorofil, kecuali pada bagian sel penutup stomata.