Mengapa stomata membuka pada siang hari dan menutup pada malam hari?

Mengapa stomata membuka pada siang hari dan menutup pada malam hari?

Factor yang memengaruhi buka dan menutupnya stoma yakni: 1) factor intern diantaranya sinar matahari, fokus CO2, dan asam absisat (ABA), dan 2) factor intern (jam biologis). Sinar matahari menggairahkan sel penjaga mempernyerap ion K+ dan air, hingga stoma buka saat pagi hari. Fokus CO2 yang rendah dalam daun mengakibatkan stoma buka. Stomata akan tutup jika terjadi cekaman air. Di saat cekaman air, zat pengontrol tumbuh ABA dibuat dalam daun yang mengakibatkan membran jadi bocor hingga terjadi kehilangan ion K+ dari sel penjaga dan mengakibatkan sel penjaga mengkerut hingga stomata tutup. Factor intern yakni jam biologis memacu resapan ion saat pagi hari hingga stoma buka, sedangkanpada malam hari terjadi pembebasan ion yang mengakibatkan stoma tutup. Stomata pada mayoritas tanaman biasanya buka di siang hari dan tutup saat malam hari.

Pada beberapa tumbuhan misalkan barisan tumbuhan CAM stoma buka saat malam hari sedang di siang hari stoma tutup. Menutupnya stoma di siang hari Membran plasma Pompa proton sebagai sesuaikan untuk kurangi proses evaporasi tumbuhan yang hidup di wilayah kering. Saat malam hari CO2 masuk ke tanaman dan diletakkan berbentuk senyawa C4. Seterusnya senyawa C4 akan melepaskan CO2 di siang hari hingga bisa dipakai untuk fotosintesis.

Penyesuaian yang lain yang ada dalam tumbuhan xerofit untuk kurangi proses transpirasi yakni mempunyai daun dengan stoma terselinap (masuk ke sisi dalam) yang tertutupi oleh trickoma (rambut-rambut yang disebut penjuluran epidermis. Di saat matahari terik, jumlah air yang lenyap lewat proses transpirasi semakin tinggi dibanding jumlah air yang diserap oleh akar. Untuk kurangi pergerakan transpirasi itu stoma akan tutup.

1. PENGARUH POMPA ION KALIUM

Kegiatan stomata muncul karena jalinan air dari beberapa sel penutup dan beberapa sel pembantu. Jika beberapa sel penutup jadi turgid dinding sel yang tipis menggembung dan dinding sel yang tebal yang melingkari lobang (tidak bisa menggembung lumayan besar) jadi benar-benar cengkung, karena itu buka lobang. Oleh karenanya buka dan menutupnya stomata bergantung pada peralihan-perubahan turgiditas dari beberapa sel penutup, yakni jika beberapa sel penutup turgid lobang buka dan beberapa sel mengendor pori/lobang tutup (Pandey dan Sinha, 1983).

Stomata buka karena sel penjaga ambil air dan menggembung di mana sel penjaga yang menggembung akan menggerakkan dinding sisi dalam stomata sampai mendekat. Stomata bekerja dengan triknya sendiri karena karakter khusus yang berada pada anatomi submikroskopik dinding selnya. Sel penjaga bisa semakin bertambah panjang, khususnya dinding luarnya, sampai megar ke luar. Selanjutnya, dinding samping dalam akan tertarik oleh mikrofibril itu yang menyebabkan stomata buka (Salisbury dan Ross, 1995).

Di saat stomata buka bisa terjadi penumpukan ion kalium (K+) pada sel penjaga. Ion kalium ini datang dari sel tetangganya. Sinar benar-benar berperanan menggairahkan masuknya ion kalium ke sel penjaga apabila tumbuhan ditaruh dalam gelap, karena itu ion kalium akan balik keluar sel penjaga (Lakitan, 1993).

Jawab Soal seseorang yang selalu memberikan bantuan di internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel