Faktor apa yang menyebabkan gerak kemotaksis?

Faktor apa yang menyebabkan gerak kemotaksis?

Jawaban:

GERAK ESIONOM ialah gerak tumbuhan yang disebabkan karena ada rangsangan dari sekitar lingkungan. Berdasar tipe rangsangannya, gerak esionom bisa dibagi jadi tiga, yakni tropisme, taksis, dan nasti.

Gerak Tropisme : gerak beberapa tumbuhan yang disebabkan karena rangsangan di luar dan arah geraknya dikuasai oleh arah rangsangannya. Tropisme umumnya dinamakan sesuai tipe rangsangannya. Gerak tropisme yang dekati arah rangsangan disebutkan tropisme positif sedang gerak tropisme yang menjauhi dari rangsangan disebutkan tropisme negatif.

Geotropisme ialah gerak tropisme yang dikuasai oleh style gravitasi bumi.
Hidrotropisme ialah gerak tropisme yang dikuasai oleh rangsangan kelembapan atau air.
Tigmotropisme ialah gerak tropisme yang dikuasai oleh benda padat. Contoh : Gerak membelit sulur tumbuhan markisa dan ketimun.
Fototropisme ialah gerak tropisme yang dikuasai oleh rangsangan sinar.
Kemotropisme ialah pergerakan tropisme yang dikuasai oleh zat kimia. Misalnya : gerak perkembangan buluh serbuk sari ke arah akan buah saat berjalannya pembuahan.
Gerak Taksis : gerak semua sisi tumbuhan yang arahnya dikuasai oleh sumber rangsangan.

Kemotaksis yakni gerak taksis yang dikuasai oleh rangsangan berbentuk bahan kimia. Misalnya : gerak pada sel sperma tumbuhan berbiji tertutup yang ke arah sel telur karena ada rangsangan senyawa kimia yang dibuat oleh sel telur.
Fototaksis yakni gerak taksis yang dikuasai rangsangan berbentuk sinar. Misalnya : Gerak kloroplas pada Spirogyra yang bergerak kedaerah yang terserang sinar.
Gerak Nasti : gerak beberapa tumbuhan karena rangsangan di luar, tapi arah geraknya tidak dikuasai oleh arah hadirnya rangsangan.

Niktinasti yakni gerak tidur daun tanaman Leguminosae (kacang-kacangan) mendekati petang (gelap) karena peralihan penekanan turgor pada batang daun.
Fotonasti yakni gerak nasti yang sumber rangsangannya berbentuk sinar, misalkan mekarnya bunga jam empat (Mirabilis jalapa) di sore hari karena sudah mendapat masa jelas yang cukup dari sinar matahari.
Seismonasti/tigmonasti yakni gerak nasti yang dikuasai oleh getaran/sentuhan. Contoh : gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) saat terjamah karena peralihan penekanan turgor pada batang daun.
Termonasti yakni gerak nasti yang sumber rangsangannya berbentuk temperatur. Misalnya : mekarnya bunga tulip pada beberapa hari yang hangat pada musim semi.
Nasti Kompleks yakni gerak nasti yang sumber rangsangannya lebih satu. Misalnya : buka tutupnya stomata karena dampak kandungan air, sinar, temperatur, dan zat kimia.
Maka beberapa faktor rangsangan yang mengakibatkan tumbuhan bergerak secara esionom ialah:

gravitasi bumi
air
benda padat
sinar
zat kimia
penekanan turgor
getaran/sentuhan
temperatur
Jawab Soal seseorang yang selalu memberikan bantuan di internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel