proses kedatangan bangsa barat ke indonesia

proses kedatangan bangsa barat ke indonesia

Proses kehadiran bangsa barat ke Indonesia:

- Tahun 1453: Turki Usmani mengalahkan Konstantinople dan tutup lajur perdagangan rempah-rempah

- Tahun 1483: Bartolomeu Dias dari Portugal mendapati lajur mengelilingi benua Afrika di Tanjung Keinginan

- Tahun 1498: Vasco da Gama dari Portugal mendapati lajur ke India

- Tahun 1511: Afonso de Albuquerque dari Portugal mengalahkan kota Malaka

- Tahun 1512: Antonio de Abreu dari Portugal mendapati lajur pelayaran ke Maluku

- Tahun 1521: Juan Sebastian Elcano dari Spanyol landing di Maluku dari Filipina

- Tahun 1596: Cornelis de Houtman dari Belanda sukses capai Indonesia

- Tahun 1602: Sir James Lancaster dari Inggris sukses capai Indonesia

Proses kehadiran bangsa barat ke Indonesia diawali dengan penelusuran bangsa Portugis dan Spanyol untuk cari lajur perdagangan rempah-rempah lain sesudah lajur khusus tertutup untuk bangsa Eropa sesudah jatuhnya kota Konstantinople ke tangan Turki Usmani di tahun 1453.



Portugal ialah bangsa Eropa pertama kali yang sampai ke Indonesia. Afonso de Albuquerque mengalahkan Malaka pusat perdagangan rempah-rempah waktu itu, di tahun 1511 dan di tahun 1512 mendapati lokasi Maluku dalam ekspedisi yang dipegang Antonio de Abreu.



Spanyol ialah bangsa selanjutnya yang sampai ke Indonesia, saat anggota ekspedisi Magellan yang dipegang oleh Juan Sebastian Elcano sampai di Maluku di tahun 15216. Ekspedisi Ferdinand Magellan pergi di tahun 1519 dari Spanyol dalam usaha cari lajur ke Maluku ke barat, sebagai alternative lajur ke timur mengelilingi benua Afrika yang terkuasai Portugal. Magellan meninggal di pulau Mactan, Filipina, tetapi wakilnya Juan Sebastian Elcano sukses capai Maluku dan pada akhirnya kembali lagi ke Spanyol.



Belanda sampai di Indonesia saat ekspedisi pertama Belanda yang dipegang oleh Cornelis de Houtman sampai di Banten di tahun 1596. Ekspedisi dilaksanakan karena pedagang Belanda tidak dapat kembali beli rempah-rempah dari Portugal karena Portugal dan Spanyol berpadu sesudah Raja Phillip II mewariskan tahta portugal dari familinya raja Sebastian. Belanda waktu itu ialah negara bawahan Spanyol dan sedang berperang menantang Spanyol untuk memerdekakan diri.



Inggris sampai di Indonesia saat ekspedisi pertama Inggris yang dipegang oleh Sir James Lancaster sampai di Banten di tahun 1602. Lancaster buka pusat dagang pertama Inggris di Indonesia di Banten. Inggris berusaha cari sendiri lajur perdagangan rempah-rempah karena waktu itu sedang berperang dengan Spanyol.
Jawab Soal seseorang yang selalu memberikan bantuan di internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel