pernyataan berikut adalah usaha untuk mencegah penularan virus hiv kecuali

Pernyataan berikut adalah usaha untuk mencegah penularan virus HIV, kecuali....
A. Menggunakan jarum suntik yang steril dan sekali pakai
B. peralatan operasi harus steril
C. tidak perlu nelakukan donor darah
C. Memeriksa darah sebelum melakukan transfusi darah

Yang bukan merupakan usaha untuk mencegah penularan virus HIV adalah tidak perlu nelakukan donor darah (C). Saluran uretra berfungsi untuk saluran sperma dan urine (A).


Ulasan
Organ reproduksi intern pria terbagi dalam kelenjar yakni testis, vesikulasi seminalis, kelenjar prostat dan kelenjar cowper, sedang yang berbentuk aliran pengeluaran seperti epididimis, vas deferens, aliran ejakulasi, dan uretra. Adapun organ reproduksi external terbagi dalam penis dan skrotum.

Berikut sisi organ pada alat reproduksi pria dan perannya ialah:

A. Sisi organ reproduksi berbentuk salura

1. Epdidimis

Epididimis sebagai organ kelamin pria berupa aliran berliku yang ada dalam skrotum dan berada di luar testis. Peranan Epididimis sebagai aliran, penyimpanan, dan pematangan sperma. Sesudah epididimis, sperma akan masuk ke vas deferens, lalu diteruskan ke arah vesikula seminalis.

2. Vas Deferens

Vas Deferens sebagai aliran yang berfungi salurkan sperma ke vesikula seminalis. Vas deferens menggerakkan sperma dengan bergerak secara peristaltik ke arah vesikula seminalis.

3. Ductus ejakulatori

Sebagai aliran sperma yang menyambungkan vas deferens dengan aliran uretra.

4. Uretra

Uretra ialah aliran yang berada dalam penis. Peranan uretra sebagai tempat keluarnya sperma dan urin.

B. Organ reproduksi berbentuk kelenjar

1. Testis

Testis sebagai organ kelamin pada pria yang berupa oval dan berada dalam skrotum sejumlah sepasang. Peranan testis ialah hasilkan sel kelamin jantan (spermatozoa) dan hormon sex yakni testosteron. Tempat pembangunan sperma dalam testis ialah tubulus seminiferus.

2. Vesikula seminalis

Sebagai organ yang berbentuk aliran berupa tabung sepasang di kanan dan kiri badan. Peranan vesikula seminalis untuk mensekresikan cairan yang memiliki sifat basa, mukus, vitamin, fruktosa (sebagai gizi untuk sperma), protein, enzim dan prostaglandin. Vesikula seminalis berpadu dengan vas deferens dan kelenjar prostat untuk membuat aliran ejakulasi (ductus ejakulatori)

3. Kelenjar prostat

Sebagai organ yang ada di bawah kandungan kemih. Peranan kelenjar prostat ialah mensekresikan cairan yang memiliki sifat basa. Cairan dari kelenjar prostat berpadu dengan cairan vesikula seminalis jadi tempat hidup sperma.

4. Kelenjar Bulbouretra (Cowper)

Yakni kelenjar yang sejumlah dari sepasang. Peranan kelenjar bulbouretra (cowper) ialah hasilkan cairan lendir yang karakternya basa dalam aliran ejakulasi. Cairan yang dibuat dari kelenjar Bulbouretra keluar saat sebelum ejakulasi. Cowper berada di pangkal penis.

C. Sisi Organ Reproduksi External

1. Penis (Zakar)

Penis sebagai alat kelamin luar pada pria. Peranan penis untuk masukkan sperma ke alat reproduksi wanita (kopulasi). Penis sebagai organ tersusun dari otot yang bisa tegang (ereksi) dan dilapis oleh susunan kulit tipis. Ereksi muncul karena ada rangsangan yang membuat pembuluh darah penis berisi. Penis mempunyai peranan untuk ejakulasi, yakni dengan keluarkan sperma lewat uretra, sepanjang ejakulasi otot-otot kandungan kemih mengkerut, untuk menahan sperma masuk ke kandungan kemih.

2. Skrotum (Kantung Pelir)

Skrotum sebagai kantung pembungkus testis. Di antara kantung samping kanan dan kiri terbatasi oleh penyekat yang tersusun dari jaringan ikat dan jaringan polis (otot dartos). Otot dartos mengakibatkan skrotum bisa melembek dan bisa berkerut. Peranan skrotum ialah mengeset suhu testis supaya selalu untuk jaga proses pembangunan sperma.
Jawab Soal seseorang yang selalu memberikan bantuan di internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel