ovarium adalah tempat terjadinya

Ovarium ialah tempat berlangsungnya Oogenesis atau pembangunan sel telur. Di ovarium terjadi pemisahan pembelahan dari sel induk jadi sel ovum yang masak yang siap dibuahi oleh sel sperma.

Ulasan
Ovarium sebagai sepasang organ yang berada di kiri-kanan dari uterus (kandungan). Ovarium sendiri ini sebagai semacam organ di mana penting pada kelangsungan turunan dari organisme. Silahkan kita baca ulasan berkenaan susunan dan peranan ovarium

1. Susunan Ovarium

Ovarium sendiri sebagai organ berupa tidak teratur dan berada dari sisi tempat ovarium fosa. Ovarium fosa sebagai tempat dari sisi uterus sebagai tempat posisi ovarium. Ovarium sendiri berada di muka ureter dan terbatasi oleh arteri iliaka interna dan arteri iliaka eksterna. Ovarium warna keputih-putihan. Ovarium terkait langsung dengan ligamen infundibulum dan di lain sisi berikatan dengan ligamen ovarium. Kita akan mengulas dua susunan dari ovarium yakni ligamen dan mikroanatomi.

≡ Ligamen

Ligamen ialah satu jaringan ikat padat yang tersusun atas deretan serat collagen yang horizontal. Ovarium sendiri terdiri dari ligamen yang luas yang disebutkan mesovarium. Mesovarium tersusun atas ligamentum uterus yang tutupi ovarium. Disamping itu, cabang dari ligamentum uterus posterior yang luas akan membuat ikatan dengan ovarium diberi nama ligamentum ovarium suspensori.

≡ Mikroanatomi

Mikroanatomi dari ovarium yakni

- Jaringan Epitel

Jaringan epitel yang membuat ovarium ialah jaringan epitel kubus berlapis banyak. Jaringan epitel ini berupa kuboid dengan pokok yang berada di tengah-tengah dan warna gelap. Susunan luar dari ovarium disebutkan epitel germinal.

- Susunan Ovarium

Susunan ovarium sendiri terdiri dari tiga susunan yakni susunan luar yang terdiri dari folikel dan stroma. Dalam folikel, ada zone pelusidal, membran granulosa, dan sebagainya. Susunan ke-2 yakni korteks yang tersusun atas korpus luteum. Lantas, susunan terdalam ialah medula ovarium.

Beberapa sel folikel datang dari sel epitelium berupa pelat yang tutupi ovarium di mana dikitari oleh beberapa sel granulosa yang berbeda dari pelat jadi kuboid yang berlapis-lapis.

2. Peranan Ovarium

Peranan ovarium selainnya dalam menghasilkan gamet, rupanya ada dua peranan lain dari ovarium yakni

≡ Sekresi Hormon

Ada beberapa hormon yang disekresikan oleh kelenjar ovarium (ovary). Ada salah satunya hormon estrogen, progesteron, hormon operan balik negatif (hormon inhibrin) dan hormon testosteron. Hormon estrogen berperanan dalam

Pembangunan sel ovum
Pematangan sel ovum
Memiara organ reproduksi
Berperanan dalam atur transisi menstruasi
Berperanan dalam performa karakter sex sekunder wanita
Sedang untuk hormon progesteron mempunyai peranan yakni

Menjaga endometrium
Atur proses menstruasi
Menggairahkan kelenjar susu di saat hamil supaya siap untuk menyusui
≡ Penuaan Ovarium

Ovarium rupanya bisa alami penuaan di mana ovarium tak lagi menghasilkan sel ovum disebutkan (menopause). Menopause ini bisa berjalan bisa lebih cepat bila wanita mewariskan protein pembaruan DNA BRCA1 mutan. Protein BRCA1 dijumpai berperan dalam membenahi interval rantai DNA. Kejadian ini diberi nama rekombinasi homolog.
Jawab Soal seseorang yang selalu memberikan bantuan di internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel