konsep waktu dalam sejarah

Ide waktu dalam riwayat bisa menerangkan secara nyata perubahan manusia. Satu kejadian sebagai riwayat, tidak bisa terlepas dari susunan saat yang mengikutinya. Oleh karenanya, ide waktu dalam riwayat benar-benar fundamental. Ada 4 ide waktu dalam riwayat, yakni perubahan, keberlanjutan, perulangan, dan peralihan.

1. Perubahan.

Warga yang berkembang akan bawa wujud baru yang lebih berkaitan dengan keadaan jaman. Perubahan ini mempunyai tujuan untuk mengupdate segala hal yang telah dipandang tidak efisien untuk keberlangsungan hidup warga. Misalnya ialah demokrasi Amerika yang makin mengalami perkembangan akibatnya karena perubahan susunan kota yang makin kompleks.

2. Keberlanjutan.

Kecondongan warga dalam adopsi beberapa cara lama, jadi dasar keberlanjutan riwayat dari periode kemarin. Walau ada banyak point yang lain, tetapi tidak mengubah skema dan akar dari mekanisme awalnya. Misalnya ialah mekanisme-sistem partai yang seperti mekanisme kerajaan periode awalnya, dalam cakupan yang hampir serupa.

3. Perulangan.

Kejadian yang serupa terulang lagi di periode selanjutnya. Ini umum terjadi, hingga ada slogan "Riwayat terulang lagi". Misalnya pada kejadian lengsernya presiden Soekarno dan Soeharto yang didasari tindakan demo dari beberapa mahasiswa.

4. Peralihan.

Kejadian peralihan terjadi dalam warga secara besar dalam waktu yang cepat. Ini umumnya muncul karena ada dampak yang kuat di luar. Misalnya ialah pergerakan 30 S/PKI terjadi karena memahami komunis dari China dan Rusia
Jawab Soal seseorang yang selalu memberikan bantuan di internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel