10 fakta tentang tanaman padi

10 fakta tentang tanaman padi

10 bukti mengenai tanaman padi:

padi sebagai tanaman berbiji tunggal (monokotil)
pahi sebagai tanaman sumber makanan dasar di Indonesia dan banyak negara yang lain
padi mempunyai akar serabut
padi mempunyai tangkai tidak bercabang dan memiliki ukuran pendek
padi mempunyai daun sejajar berupa sempit memanjang
padi tumbuh sampai berbiji sekitaran 120 hari (4 bulan)
biji padi banyak terkandung karbohidrat
padi alami penyerbukan dengan ditolong angin
padi pas tumbuh di wilayah dataran rendah dengan temperatur udara hangat
padi mempunyai beragam tipe varietas seperti padi IR, Ramos, Rojolele dan Pandanwangi
Ulasan:

Padi (Oryza sativa) ialah tanaman yang hasilkan beras, yang dibuat jadi nasi, makanan dasar rakyat Indonesia, khususnya pada bagian barat.

Secara taksonomi, tanaman padi terhitung angiosperma (tanaman berbunga) pada tipe monokotil (berbiji tunggal). Karenanya beberapa ciri padi seperti beberapa ciri monokotil secara umum.

Padi mempunyai mekanisme akar serabut. Akar berserabut menyebr dari dasar tangkai padi ke tanah. Mekanisme akar ini benar-benar ekstensif dan bisa menahan erosi karena memiliki sifat mengikat tanah. Akar ini bermanfaat menyerab elemen hara dan air dari tanah untuk perkembangan padi.

Daun padi berupa memanjang, tidak berjari dan datar dengan urat daun paralel. Daun padi mempunyai pelepah tunggal di sisi tengah. Daun padi mempunyai panjang 15-30 cm. Daun padi warna hijau di saat padi muda, dan akan berbeda berwarna jadi kuning sesudah berbuah.

Tangkai padi berupa berumbai, tegak, memiliki rongga, ramping dan kuat. Tangkai padi tidak bercabang karena pada puembuluhnya tidak mempunyai kambium. Tangkai padi tersusun atas susunan daun yang sama-sama mendukung. Padi tumbuh bisa capai tinggi 80-120 cm.

Padi sebagai sumber makanan dasar di Indonesia. Biji padi atau beras, yang diolah jadi nasi. Nasi kaya karbohidrat, dan bisa dibuat jadi beragam bahan makanan.
Jawab Soal seseorang yang selalu memberikan bantuan di internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel