Inovasi Teknologi yang Dibuat Pemerintah Selama Masa Pandemi COVID-19

 Inovasi Teknologi yang Dibuat Pemerintah Selama Masa Pandemi COVID-19



Pertanyaan seputar seberapa besar pengaruh digitalisasi bagi manusia sudah selama masa pandemi telah dijawab dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh perusahaan konsultasi McKinsey & Company. Disebutkan dari hasil data yang mereka punya bahwa pandemi COVID-19 ini membuat kunjungan ke berbagai aplikasi telemedis melonjak drastis bahkan hingga 600%. 

Itu berarti mau tak mau masyarakat harus melek digital akibat kekhawatiran mereka jika keluar rumah akibat ancaman tertular virus Corona. Pandemi COVID-19 yang berakhir membuat sebagian besar pekerja harus mengundurkan diri dan meninggalkan pekerjaannya, tetapi hal itu tidak berlaku pada para pemangku kepentingan. Karena mereka tetap harus memperhatikan kesehatan, penanggulangan bencana, perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi. Nah berikut ini beberapa inovasi teknologi yang berhasil dibuat oleh pemerintah selama masa pandemi COVID-19, diantaranya:

1. Menghemat anggaran pemerintah bahkan hingga triliunan rupiah

Suharno yaitu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional  mengatakan bahwa mereka benar-benar mempelajari dunia digital ketika masa pandemi COVID-19 ini. Ia mengaku bahwa telah memanfaatkan inovasi transformasi digital yang di implementasikan melalui SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) dan SDI (Satu Data Indonesia).

Ia juga mengatakan bahwa transformasi digital di dalam pemerintahan ditandai dengan beragamnya pembangunan infrastruktur pusat data yang bisa menghemat anggaran secara signifikan. Penghematan akan mencapai konsolidasi 2700 aplikasi instansi pemerintah bisa memotong biaya pemeliharaan sebesar 2,7 triliun pertahun, serta penghematan pengembangan aplikasi pemuda yang bisa mencapai 12 triliun rupiah.

2. Masih bertahapnya pengumpulan data pemerintah

Selain Kementerian PPN/Bappenas, Satgas Penanganan COVID-19 juga telah mengakui mereka benar-benar memanfaatkan transformasi digital dalam menangani pandemi ini. Salah satunya yaitu dengan peluncuran aplikasi digital bernama BLC yaitu Sistem Bersatu Lawan COVID-19 yang berfungsi melacak perubahan sikap melalui data real time, sistematis dan terintegrasi dengan melibatkan koordinasi antar dan lintas sektor.

Salah satu juru bicara Penanganan Satgas  COVID-19 yaitu Wiko Adisasmito mengatakan bahwa presiden sudah menyampaikan betapa pentingnya integrasi nasional. Jadi bukan hanya mengumpulkan data saja, melainkan juga mereka perlu definisi yang sama dan satu sistem, sehingga bisa langsung dibaca oleh semua pihak dan dianalisis. Tetapi transformasi digital tersebut belum sampai kepada tujuan besar tersebut karena data-datanya masih dikumpulkan secara bertahap.

3. Transformasi digital kerap terganjal dengan masalah anggaran

Instansi penerapan transformasi digital dalam penanganan kasus COVID-19 juga sudah dilakukan oleh gubernur provinsi Jawa tengah yaitu Ganjar Pranowo. Transformasi digital ini dimanfaatkan yang dilakukan oleh Pemprov Jateng yang bertujuan untuk memotong ribetnya jalur birokrasi. Ganjar Pranowo mengatakan bahwa merek  strategi transformasi digital yaitu dengan peningkatan sumber daya manusia dalam bidang IT, kerjasama antar pemerintah daerah yang sudah mulai didorong, pembangunan infrastruktur TIK dan juga literasi digital masyarakat. 

Contohnya itu seperti lewat transformasi digital, maka Humas mampu berkomunikasi dengan masyarakat seputar kebaruan yang harus disebarluaskan. Tetapi Ganjar juga menambahkan apabila proses transformasi digital tersebut masih terasa terganjal oleh sejumlah masalah. Salah satunya yaitu terbatasnya anggaran dan juga besarnya ego sektoral.

4. Upaya yang dilakukan oleh Anies Baswedan dalam transformasi digital

Gubernur DKI Jakarta yaitu Anies Baswedan memilih membangun database melalui situs corona.jakarta.go.id yang bisa diakses dengan aplikasi JAKI. Di dalam aplikasi tersebut berisi sejumlah layanan masyarakat Jakarta, seperti Jakwifi, Tanggap COVID-19, JakLapor, JakSurvey, dan JakPangan.

Demikianlah inovasi teknologi yang dibuat oleh pemerintah selalu masa pandemi COVID-19. Semoga bermanfaat!

Jawab Soal seseorang yang selalu memberikan bantuan di internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel