Tips untuk mengurangi atau menghentikan berkeringat berlebih

 

Berkeringat adalah proses otomatis yang membantu mengatur suhu tubuh seseorang. Namun, beberapa orang mengalami hiperhidrosis, yang berarti mereka berkeringat lebih dari yang diperlukan.

Ada dua jenis hiperhidrosis: primer dan sekunder. Hiperhidrosis sekunder terjadi sebagai akibat dari kondisi medis yang mendasarinya atau sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu. Hiperhidrosis primer tidak memiliki penyebab yang dapat diidentifikasi.

Berkeringat berlebihan seringkali tidak nyaman dan tidak nyaman.

Namun, ada berbagai pilihan perawatan bagi orang yang mengalami keringat berlebihan. Artikel ini menguraikan berbagai perawatan dan memberikan beberapa tips manajemen keringat yang dapat dicoba orang di rumah.

Cara mengurangi keringat

Perawatan untuk hiperhidrosis tergantung pada tingkat keparahannya. Dokter biasanya mengambil pendekatan langkah demi langkah untuk mengobati kondisi tersebut.

Perawatan untuk hiperhidrosis ringan hingga sedang.

Sebagai pilihan pengobatan awal, dokter dapat menyarankan krim heksadairat aluminium over-the-counter (OTC), seperti Drysol. Orang dapat menerapkan krim setiap malam untuk 3 atau 4 malam pertama, diikuti oleh aplikasi malam hari sesekali sesuai kebutuhan.

Beberapa orang mungkin memerlukan obat tambahan untuk mengontrol hiperhidrosis mereka. Dokter dapat meresepkan obat antikolinergik topikal, seperti glilosin, atau obat antikolinergik oral, seperti oxybutynin.

Perawatan untuk hiperhidrosis parah atau resisten

Hiperhidrosis yang sangat parah mungkin tidak menanggapi perawatan standar awal.

Dalam kasus seperti itu, dokter dapat merekomendasikan suntikan iontophoresis atau botulinum toxin A (Botox).

Iontophoresis melibatkan penyiraman kaki atau tangan di nampan air dangkal dan melewati arus listrik kecil melalui air. Para ahli tidak yakin persis bagaimana iontophoresis bekerja, tetapi dapat mengurangi keringat di tangan dan kaki.

Beberapa dokter merekomendasikan menambahkan obat antikolinergertik ke dalam air untuk membantu mengurangi keringat.

Saat ini, tangan dan kaki tetap menjadi area yang paling umum untuk perawatan iontophoresis. Namun, para peneliti sekarang mengembangkan iontophoresis yang dapat digunakan dokter untuk mengobati area lain dari tubuh.

Jika suntikan Botox atau iontophoresis tidak berhasil, dokter dapat merekomendasikan prosedur bedah untuk mengurangi keringat.

Salah satu pilihan adalah simpatiktomi. Jenis operasi ini melibatkan merusak pasokan saraf ke kelenjar keringat untuk mengurangi keringat. Saraf simpatik di dalam rongga dada mengontrol keringat dalam tubuh. Atau, beberapa orang mungkin memilih untuk memiliki kelenjar keringat yang terkena bedah, yang kurang invasif daripada simpatiktomi.

Sayangnya, orang dengan hiperhidrosis mungkin mengalami kekambuhan setelah operasi.

Obat rumahan untuk berkeringat berlebihan.

Tips berikut ini dapat membantu orang untuk mengelola keringat berlebihan di rumah.

Menyimpan jurnal keringat

Situasi tertentu dapat memicu episode berkeringat berlebihan. Menyimpan jurnal memungkinkan orang untuk mencatat episode berkeringat sehingga mereka dapat mengidentifikasi pemicu mereka. Orang-orang kemudian dapat memilih untuk menghindari pemicu tersebut jika memungkinkan.

Menghindari makanan tertentu

Menggunakan antiperspiran

Orang yang berkeringat berlebihan harus menghindari menggunakan deodoran, yang hanya menutupi bau keringat. Orang-orang justru harus mencari antiperspiran, yang dapat mengurangi keringat. Waktu terbaik untuk menggunakan antiperspirant adalah pada malam hari.

Beberapa dokter merekomendasikan menggunakan resep antiperspiran pada ketiak kering setiap malam selama 3 hingga 5 malam. Orang kemudian dapat mengurangi resep penggunaan antiperspirant untuk sekali atau dua kali seminggu.

Kiat untuk memerangi kaki berkeringat

Tips berikut dapat membantu mengurangi keringat atau basah kaki yang berlebihan.

  • mengenakan sandal jika memungkinkan
  • mengenakan sepatu yang terbuat dari bahan alami, yang memungkinkan ventilasi kaki yang tepat
  • memungkinkan sepatu mengering sepenuhnya sebelum setiap keausan
  • melepas sepatu jika memungkinkan
  • mengenakan kaus kaki yang sumbu kelembaban jauh dari kulit
  • mengganti kaus kaki setiap hari atau lebih sering jika menjadi basah
  • mencuci kaus kaki sebelum memakainya lagi
  • menerapkan antiperspirant ke kaki sebelum tidur, dan mencucinya di pagi hari

Kapan harus menemui dokter

Seseorang yang mengalami keringat berlebihan harus membuat janji dengan dokter mereka. Mereka dapat merujuk orang tersebut ke dokter kulit yang akan melakukan tes diagnostik untuk menentukan penyebabnya.

Beberapa orang mungkin mengalami keringat berlebihan sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu. Jika demikian, seseorang dapat berbicara dengan dokter mereka tentang mengubah obat atau dosis.

Jika seseorang tidak tahu penyebab hiperhidrosis, mereka dapat mendiskusikan pilihan pengobatan potensial dengan dokter mereka.

Cara kerja berkeringat

Kelenjar keringat menghasilkan keringat di dalam kulit. Orang-orang memiliki dua jenis kelenjar keringat.

Kelenjar keringat eccrine ditemukan di seluruh tubuh dan terlibat dalam mengatur suhu tubuh. Ketika suhu tubuh naik, kelenjar keringat melepaskan air. Ketika air menguap dari kulit, itu menurunkan suhu darah orang itu, mendinginkan orang itu.

Kelenjar keringat apokrin lebih besar dan sebagian besar terletak di ketiak dan alat kelamin. Keringat yang berasal dari kelenjar keringat apokrin mengembangkan bau busuk ketika terkena bakteri. Kelenjar ini menjadi aktif selama masa pubertas.

Alasan berkeringat berat

Overstimulasi kelenjar ekekrin menyebabkan keringat berlebihan. Orang lebih cenderung mengalami keringat berlebihan di area ketiak, dan di wajah, telapak tangan, dan telapak kaki. Daerah-daerah ini memiliki konsentrasi kelenjar ekekrin tertinggi.

Para peneliti memperkirakan bahwa hiperhidrosis mempengaruhi sekitar 3% dari populasi Amerika Serikat.

Hiperhidrosis sekunder

Hiperhidrosis sekunder dapat terjadi sebagai efek samping dari beberapa obat, termasuk:

  • agonis dopamin
  • inhibitor reuptake serotonin selektif
  • antipsikotik
  • Alkohol
  • Insulin

Orang yang hidup dengan kondisi berikut juga dapat mengalami hiperhidrosis sekunder:

  • Diabetes
  • hipertiroidisme
  • Penyakit Parkinson
  • gangguan neurologis lainnya
  • tumor, seperti pheochromocytoma dan limfoma.

Bromhidrosis

Orang dengan bromhidrosis, atau keringat body odor (BO) yang berlebihan, juga mengalami keringat berlebih. Namun, jenis keringat ini memiliki bau busuk karena bakteri memecahnya.

Ada dua jenis bromhidrosis.

Apokrin bromhidrosis terjadi ketika bakteri memecah keringat yang dilepaskan oleh kelenjar keringat apokrin.

Eccrine bromhidrosis terjadi ketika bakteri memecah keratin yang telah dilembutkan oleh keringat dari kelenjar ekekrin. Keratin adalah protein yang ditemukan di kulit. Mengonsumsi makanan tertentu dapat menyebabkan bromhidrosis ekekrin.

Ringkasan

Ada dua jenis hiperhidrosis: primer dan sekunder. Hiperhidrosis sekunder biasanya merupakan hasil dari kondisi medis yang mendasari atau efek samping dari obat. Hiperhidrosis primer tidak memiliki penyebab yang dapat diidentifikasi.

Dokter biasanya mengambil pendekatan stepwise untuk mengobati keringat berlebihan. Antiperspiran, krim klorida aluminium, atau obat antikolinergertik dapat bekerja dengan baik untuk beberapa orang.

Hiperhidrosis yang sangat parah atau tahan mungkin memerlukan perawatan yang lebih agresif. Dalam kasus seperti itu, iontophoresis, suntikan Botox, atau intervensi bedah mungkin diperlukan.

Keringat berlebih bisa bertanda suatu penyakit atau juga dapat menentukan keadaan lingkungan tempat dia berada. terkadang seseorang bisa mengeluarkan keringat berlebih dikarenakan suhu cuaca yang sangat panas. itu semua adalah gejala normal yang sering dialami oleh setiap orang. Tapi ada kalanya juga orang-orang mengeluarkan banyak keringat yang sangat banyak secara tiba-tiba bisa dikarenakan suatu penyakit seperti demam tinggi,penyakit jantung dan diabetes. gejela penyakit keringat berlebih bisa dihentikan jika sudah ada pengobatan pada penyakit utama tersebut.

Gejala keringat berlebih akan sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. hal tersebut akan dapat berakibat buruk bagi penderitanya mereka akan kekurangan ion yang membuat tubuh menjadi lemas kurang bertenaga dan pada kejadian yang lebih parah tidak dapat berjalan dikarenakan sudah kehilangan banyak ion. Jika anda mengalami keringat berlebih disarankan untuk lebih memperbanyak minum air putih atau minuman yang mengandung ion agar bisa beraktivitas dengan lebih baik lagi. Selain minum-minuman yang ber ion anda juga harus memakan makanan yang bergizi untuk dapat menyeimbangkan gizi di dalam tubuh. 

Jika memang hal tersebut tidak membantu disarankan untuk pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. bisa saja ada gejala lain yang tidak anda ketahui yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi. tanyakan Apa saja perihal makanan dan minuman yang dianjurkan pada saat mengalami gejela seperti itu dan apa saja yang dilarang.

Jawab Soal seseorang yang selalu memberikan bantuan di internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel