Cara memperkuat sistem kekebalan tubuh menurut para ahli

 

Ketika kita menuju musim dingin, kita semua ingin mendukung sistem kekebalan tubuh kita. Di sini, Dr Jenna Macciochi, Ahli Imunologi dan penulis Kekebalan, Ilmu Tetap Baik, dan Ahli Gizi Senior Holland & Barrett Emily Rollason memberi tahu kami caranya

"Banyak faktor yang berbeda memainkan peran dalam kekebalan tubuh kita, dan tidak ada sistem kekebalan tubuh dua orang yang sama", kata Emily Rollason. "Faktor keturunan, dampak lingkungan, seberapa seimbang dan bergizinya diet kita, status hidrasi, dan faktor gaya hidup seperti kurang tidur,stres, merokok, dan alkohol semuanya berdampak pada kekebalan." Berikut adalah semua yang perlu Anda ketahui.

Mengapa olahraga penting

"Menggerakkan tubuh kita - bahkan hanya dengan berjalan-jalan - menggerakkan cairan limfatik di sekitar tubuh", kata Dr Macciochi. "Ini adalah sistem peredaran darah sistem kekebalan tubuh Anda, jadi di mana jantung memompa darah Anda di sekitar, sistem limfatik bergantung pada otot-otot Anda untuk menggerakkan sel-sel kekebalan tubuh dan melakukan fungsi pengawasan, mencari sesuatu yang tidak diinginkan. Itu sebabnya penting untuk memecah periode menetap dengan bangun dan bergerak, menjaga cairan getah bening yang mengalir

Mencapai keseimbangan pecinta kuliner

"Kami mencari diet seimbang, mendapatkan banyak nutrisi dari berbagai jenis makanan", kata Rollason. "Nutrisi utama yang dipikirkan semua orang ketika kita memikirkan kekebalan adalah vitamin C, yang dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran segar seperti paprika dan jeruk. Kemudian ada vitamin A, yang ada pada ikan berminyak, hati, susu dan telur, tetapi juga dapat ditemukan dalam aprikot dan sayuran berdaun hijau. Anda mendapatkan zat besi dari hati, daging merah, kacang-kacangan dan kacang-kacangan, sementara selenium dan seng dapat ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian - seng terutama dalam biji labu, dan selenium dalam kacang brasil. Cobalah untuk makan banyak wholegrain, beberapa susu dan buah-buahan dan sayuran berwarna-warni, dan ingat bahwa nutrisi yang berbeda berasal dari makanan berwarna yang berbeda.

Tingkatkan tidur Anda

"Mendapatkan tidur malam yang buruk benar-benar dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh kita keesokan harinya", kata Dr Macciochi. "Itu membuat kita jauh lebih rentan untuk mengambil kuman dan butuh waktu lebih lama untuk pulih, jadi penting untuk memprioritaskan tidur. Ini adalah sinyal untuk sistem kekebalan tubuh bahwa sudah waktunya untuk beristirahat, sedangkan pada hari itu lebih tentang berada di siaga.

Nikmati alam terbuka yang luar biasa

"Sangat penting bagi kami untuk membangun rutinitas kami, bahkan selama musim dingin, cara untuk keluar", kata Dr Macciochi. "Ada baiknya untuk mengambil mata Anda dari melihat layar seperti ketika kita melihat lebih jauh, mata kita rileks, dan ini mengirimkan sinyal ke otak untuk rileks juga. Kita juga dapat bernapas dalam molekul yang dihasilkan tanaman, yang disebut fitoncides, yang telah terbukti sangat memelihara.

Ketahui kapan harus melengkapi

"Antara Oktober dan April matahari tidak cukup kuat bagi kita untuk mensintesis vitamin D kita sendiri, jadi kita perlu mengambil sekitar 10 mikrogram sehari" kata Rollason. "Kacang-kacangan dan biji-bijian cenderung menjadi sumber mineral nabati utama tetapi B12 sulit untuk mendapatkan, jadi jika Anda sepenuhnya vegan Anda dapat mengambil suplemen, atau mendapatkannya dari hal-hal seperti ragi gizi dan susu nabati tambahan. Pilih satu dengan yodium tambahan juga.

Kelola tingkat stres

"Stres mungkin terasa psikologis, tetapi memiliki efek biologis", kata Dr Macciochi. "Ini dirancang untuk memotivasi kita untuk menjauh dari bahaya, sehingga mematikan sistem kekebalan tubuh kita, karena harganya cukup energik. Stres juga dapat mengakibatkan kita terlibat dalam perilaku buruk, sehingga kita mungkin tidur lebih buruk, dan makan lebih buruk, dan efek trickle-down juga dapat berdampak pada sistem kekebalan tubuh kita. Tetapi kita tidak perlu selalu melihat stres sebagai negatif - itu dirancang untuk memotivasi kita. Ada banyak teknik pengurangan stres yang berbeda, dari jurnal hingga meditasi hingga hanya berjalan atau check-in dengan teman-teman, Anda hanya perlu menemukan alat yang bekerja untuk Anda.

menghancurkan sel-sel kekebalan tubuh.

Vitamin B membantu sistem kekebalan tubuh merespon lebih cepat.

Vitamin D berkontribusi sintesis dan produksi zat anti-auto-imun.

Seng dan Selenium membantu pembelahan sel darah putih.

Jenis Makanan Sehat yang Harus Kamu Konsumsi

Bawang Putih

Bawang putih sejatinya banyak kamu gunakan dalam bumbu masakan sehari-hari. Namun gak banyak yang tahu jika bawang putih memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Ya, bawang putih bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Kamu bisa memakannya mentah, dihaluskan, atau bisa ditambahkan ke sup. 

Bunga Lawang

Rempah berbentuk bunga ini mengandung shikimic acid yang digunakan sebagai bahan dasar untuk produksi Tamiflu, obat yang biasa digunakan untuk mengatasi virus influenza. Jadi, bunga lawang Ini sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Rebus saja bunga lawang dalam air dan tambahkan ke teh kamu seperti teh hijau atau teh hitam.

Jahe

Satu makanan lain lagi yaitu jahe. Jahe ini juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tumbuk jahe dan bunga lawang, dan larutkan dengan air hangat dengan menambahkan sedikit madu.

Minyak Kelapa

Kamu pasti biasa menemukan minyak kelapa di rumah. Nah, coba memasak makananmu dengan minyak kelapa murni dingin atau bahkan mentah. Asam laurat dan asam kaprilat yang ada di dalamnya sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus.

Resveratrol

Makanan yang kaya akan resveratrol juga baik untuk dikonsumsi. Seperti kacang tanah, pistachio, anggur merah, anggur putih, blueberry, cranberry, stroberi, dan bahkan cokelat dan cokelat hitam sangat membantu memerangi infeksi jamur, radiasi ultraviolet, stres, dan cedera.

Baca juga: Yuk,Mengenal Istilah-istilah Ini untuk Melindungi Diri dari Virus Corona

Konsumsi Makanan Kaya vitamin C

Makanan kaya vitamin C seperti buah amla, paprika merah, paprika kuning, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan flu, hingga penyakit yang lebih berat seperti kanker dan jantung.

Coba deh buat sup dengan kombinasi satu buah ubi jalar, satu bawang putih, beberapa helai daun bawang, peterseli secukupnya, dan rosemary secukupnya. Campuran semua bahan ini dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kamu.

Herbal Anti-virus

Ramuan anti-virus seperti oregano, tulsi, thyme kering sangat bagus untuk kekebalan tubuh, dan dapat digunakan dalam teh atau kari untuk kesehatan pernapasan termasuk masalah lendir yang dapat menjadi "tempat berkembang biaknya bakteri dan patogen".

Jawab Soal seseorang yang selalu memberikan bantuan di internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel