Bagaimana Cara Merawat Bibir Anda Pasca Operasi


 Pernahkah Anda berpikir untuk meningkatkan penampilan bibir Anda? Dengan bibir yang dianggap sebagai salah satu fitur paling menarik, itu tidak jarang. Prosedur kosmetik augmentasi bibir atau isian bibir dapat memberi Anda jenis bibir yang lebih penuh dan plumper yang Anda inginkan.

Meskipun ada banyak suntikan bibir untuk dipilih, yang lebih penting adalah perawatan setelah operasi bibir Anda. Tergantung pada opsi pengisi bibir yang Anda pilih dan durasinya, berikut adalah semua yang perlu Anda ketahui tentang pengisi bibir, dan apa yang harus dihindari sebelum dan sesudah operasi bibir.

Apa itu Lip Filler?

Pengisi bibir digunakan untuk membuat bibir Anda tampak plumper. Mereka disuntikkan ke bibir Anda oleh ahli bedah kosmetik untuk mengubah penampilan kosmetik, bentuk dan simetri bibir Anda. Mereka mungkin bersifat sementara atau permanen, tergantung pada preferensi Anda.

Jenis Pengisi Bibir

1. Pengisi Bibir Asam Hialuronat

Pengisi bibir ini bersifat sementara, dan yang paling populer karena efek samping minimal. Mereka membantu mengurangi penampilan bibir keriput dan mencengkeram mereka juga. Ini biasanya berlangsung hingga 6 bulan (1) dan memberi Anda kontrol atas volume bibir. Ini juga dapat dilakukan selama beberapa duduk, sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Juga, karena ini dibuat untuk meniru zat alami di kulit Anda, mereka menyebabkan lebih sedikit memar dan reaksi alergi.

2. Pengisi Bibir Kolagen

Kolagen adalah protein yang secara alami diproduksi oleh tubuh Anda. Ini membuat kulit Anda tetap kencang dan mencegah keriput. Pengisi bibir kolagen membantu montase bibir Anda dan bertahan selama hingga 4 bulan. Ketika kolagen dalam tubuh Anda memburuk seiring bertambahnya usia, pengisi bibir ini mengisi kembali bibir Anda. Pengisi bibir kolagen berkontribusi pada kenyang dan volume bibir Anda, membuatnya tampak plumper dan lebih simetris.

3. Pengisi Bibir Silikon

Ini adalah opsi permanen. Anda harus sangat yakin sebelum Anda memilih ini. 

Efek Samping Menggunakan Filler Bibir

Setelah operasi bibir, Anda akan mengalami kepulan di bibir Anda. Namun, mungkin ada beberapa efek samping juga. Meskipun sebagian besar biasanya efek samping kecil dan dianggap normal, beberapa mungkin membutuhkan perhatian dokter Anda juga.

Beberapa efek samping umum dari menggunakan pengisi bibir termasuk kemerahan dan pembengkakan. Anda mungkin juga mengalami kelembutan dan memar di tempat suntikan, setelah operasi. Beberapa orang mungkin juga mengalami pendarahan. Pastikan Anda berhenti menggunakan pengencer darah, dari setidaknya 10 hari sebelum operasi bibir Anda.

Beberapa efek samping yang membutuhkan perhatian segera dari dokter adalah ketika,

1. Anda mengalami reaksi alergi, disertai dengan kemerahan dan gatal

2. Tidak ada pengurangan pembengkakan dan memar bahkan setelah 1 minggu

3. Bibir Anda mulai terlihat asimetris

4. Anda melihat penyimpangan, benjolan atau kaku

5. Anda melihat rasa sakit atau infeksi yang parah

Apa yang Harus Anda Lakukan Setelah Suntikan Bibir?

Beberapa tips perawatan sederhana setelah operasi bibir Anda, memungkinkan bibir sembuh lebih cepat, dengan ketidaknyamanan minimal.

1. Oleskan Es

Oleskan beberapa es batu yang dibungkus kain ke bibir Anda, setelah operasi. Ini akan membantu meringankan kemerahan dan pembengkakan. Kain akan mencegah kubus menempel di bibir Anda

2. Tetap Terhidrasi

Jaga diri Anda tetap terhidrasi untuk mempercepat proses penyembuhan tubuh Anda. Namun, hindari minum minuman melalui sedotan untuk mencegah tekanan pada bibir.

3. Makan Sehat, Makan Mudah

Natrium diketahui memperburuk pembengkakan Anda. Jadi pastikan Anda mengonsumsi banyak buah dan sayuran agar tetap terhidrasi. Pastikan bahwa makanan yang Anda makan mudah dikunyah, sehingga dapat mengurangi tekanan pada mulut Anda.

4. Periksa Obat

Pasca operasi bibir, Anda mungkin melihat beberapa berat atau rasa sakit. Bicaralah dengan dokter Anda tentang pembunuh rasa sakit yang dapat Anda konsumsi dan dosis yang direkomendasikan.

5. Tidurlah dengan benar

Tingkatkan kepala Anda dengan dua bantal untuk mengurangi pembengkakan. Hindari tidur di wajah Anda.

5 Hal yang Harus Anda Hindari Secara Ketat Setelah Operasi Bibir

Ada beberapa hal yang benar-benar perlu Anda hindari, jika Anda telah memilih suntikan pengisi bibir. Memanjakan diri di salah satu hal di bawah ini, dapat menyebabkan infeksi dan memperlambat proses penyembuhan.

1. Merokok dan Mengkonsumsi Alkohol

Merokok dan mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko infeksi. Karena alkohol adalah pengencer darah, dapat mengakibatkan peradangan pada bibir dan berkontribusi pada memar.

2. Makeup

Jangan memakai riasan apa pun di bibir Anda selama minimal 48 jam setelah operasi. Riasan dapat mengiritasi tempat injeksi dan menyebabkan infeksi.

3. Berolahraga

Aktivitas berat seperti berolahraga meningkatkan detak jantung dan dapat memperburuk efek samping Anda. Hindari memanjakan diri dengan activiti tersebut

4. Perjalanan

Bepergian dapat memperburuk memar Anda. Bepergian melalui udara dapat mengganggu pengisi Anda karena tekanan udara. Bicaralah dengan dokter Anda tentang kapan Anda dapat melakukan perjalanan melalui udara, pasca operasi.

5. Memijat Bibir

Hindari menyeka dan memijat bibir Anda setidaknya selama 24 jam setelah operasi. Menyentuh bibir terlalu sering juga dapat menyebabkan memar atau nyeri.

Kapan Anda Akan Dapat Melihat Perbedaan di Bibir Anda

Anda akan melihat pembengkakan dan kemerahan segera setelah operasi. Namun, dibutuhkan sekitar 4 minggu bagi pengisi untuk menetap di bibir Anda. Pada saat itu Anda akan dapat melihat berkurangnya pembengkakan, membuat pengisi Anda tampak kurang menonjol dan lebih alami. Jadi, jika Anda merencanakan prosedur ini untuk acara khusus, pastikan Anda memberikan waktu operasi yang cukup.

Operasi bibir biasanya merupakan prosedur yang lancar, tetapi efek sampingnya tidak jarang terjadi. Dari kemerahan dan memar hingga pendarahan, penting untuk mengetahui cara merawat setelah operasi bibir. Tanyakan kepada dokter Anda tentang berbagai pengisi yang tersedia. Juga beri tahu dokter Anda tentang kemungkinan alergi dan obat-obatan yang Anda jalani. Mengambil perawatan yang tepat dapat berjalan jauh dalam membuat operasi augmentasi bibir Anda sukses.

Jawab Soal seseorang yang selalu memberikan bantuan di internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel