5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Telinga di Rumah


Pembersihan telinga tidak sesederhana kelihatannya dan memiliki beberapa risiko yang terkait dengannya. Bahkan ketika Anda melihat audiolog untuk pembersihan telinga Anda, Anda tunduk pada efek samping tertentu dan kemungkinan komplikasi. Mengingat hal ini, mudah untuk memahami mengapa pembersihan telinga amatir di rumah bisa sangat berbahaya. Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari jika Anda akhirnya membersihkan telinga di rumah.

1. Membersihkan terlalu sering

Banyak audiologis percaya telinga Anda tidak perlu dibersihkan sama sekali. Telinga kita memiliki mekanisme pembersihan diri alami yang memungkinkan puing-puing dan kotoran telinga berlebih dengan mudah menyelinap keluar dari saluran telinga. Ini biasanya terjadi saat tidur atau mandi dan didorong oleh tindakan mengunyah mulut kita. Namun, jika Anda masih merasa perlu untuk membersihkan telinga Anda, pastikan Anda melakukannya dengan hemat. Telinga kita membutuhkan kotoran telinga untuk melindungi mereka dari mikroba penyebab penyakit dan serangga nosy yang mencoba untuk membuat jalan mereka masuk ke telinga kita.

2. Menyisipkan objek tajam

Mengapa memasukkan benda tajam ke saluran telinga Anda berbahaya adalah tanpa otak. Terlepas dari alasan yang jelas bahwa benda tajam, seperti kuku jari, kunci mobil, pin bobby atau batang korek api, dapat merusak bagian dalam telinga yang halus, ada juga kemungkinan bahwa mereka dapat memuja gendang telinga dan menyebabkan tuli. Orang-orang yang menggunakan kapas dalam perang mereka juga lebih berbahaya daripada kebaikan. Kapas cenderung mendorong massa kotoran telinga yang mengeras lebih jauh ke telinga dapat meningkatkan kemungkinan kerusakan gendang telinga dan menyebabkan sakit telinga

3. Menggunakan terlalu banyak bahan kimia

Banyak pembersih telinga di rumah memanfaatkan hidrogen peroksida untuk membersihkan telinga mereka. Hidrogen peroksida, meskipun zat rumah tangga umum, sangat mengoksidasi di alam. Orang-orang dapat memasukkannya ke telinga mereka untuk melembutkan kotoran telinga sehingga dapat mengalir keluar. Namun, penggunaan hidrogen peroksida yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit di dalam telinga, yang dapat menyebabkan peradangan dan sakit telinga.

4. Menggunakan minyak panas

Metode kuno untuk menyingkirkan kotoran telinga yang berlebihan di rumah, memasukkan beberapa tetes minyak bayi atau mineral hangat di telinga Anda umumnya aman. Namun, perawatan harus diambil dari suhu minyak sebelum Anda menjatuhkannya di telinga Anda. Jika Anda menghangatkan minyak terlalu banyak, itu dapat menyebabkan luka bakar di kulit telinga Anda dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diubah pada bagian dalam telinga Anda. Pastikan minyak yang Anda gunakan hanya suam-suam api dan tidak akan membakar Anda. Anda mungkin ingin mengujinya pada bagian dalam pergelangan tangan Anda terlebih dahulu.

5. Menggunakan ear candling

Mungkin metode pembersihan telinga yang paling berbahaya di rumah adalah menggunakan gendongan telinga, yang sangat mirip dengan teknik penyiksaan abad pertengahan. Metode ini melibatkan penggunaan asap dari lilin yang terbakar untuk melembutkan kotoran telinga. 

Namun, hal-hal dapat dengan mudah salah. Audiologis telah melaporkan kasus luka bakar parah dan gendang telinga berlubang yang telah terjadi karena kecelakaan selama kandling telinga.

Telinga merupakan panca indera pendengaran yang harus kita jaga dan rawat. tanpa telinga maka dalam hidup anda tidak akan bisa mendengar burung berkicau,suara musik dan macam-macam suara merdu lainnya.

Perawatan telinga tidak harus selalu pergi ke dokter karena anda pun sendiri dapat membersihkanya dengan alat yang ada di rumah.

Cara membersihkan telinga sangatlah mudah karena hanya dengan menggunakan cutten bath anda bisa membersihkan bagian telinga yang tidak dapat dijangkau oleh tangan. bersihkan bagian telinga menggunakan cuttoh bath seminggu sekali agar pendengaran Anda tidak terganggu akibat adanya kotoran yang melekat disekitar saluran pendengaran.

Tapi harap berhati-hati ketika sedang membersihkan lubang telinga karena jangan sampai kita terlalu memaksakan masuk kedalam dikhawatirkan bisa merusak komponen pendengaran yang sangat penting. jika hal itu terjadi maka anda bisa mengalami penurunan pendengaran.

Jika hal tersebut terjadi maka segera cepat pergi ke dokter THT untuk segera memeriksanya dikhawatirkan akan bertambah parah. 

Telinga merupakan Indra yang sangat sensitif karena jika sudah rusak maka kita akan sulit dalam menyembuhkannya kembali seperti semula. oleh karena itu jagalah telinga anda jangan mendengarkan musik terlalu kencang yang dapat mengakibatkan pendengaran menjadi terganggu.

Jawab Soal seseorang yang selalu memberikan bantuan di internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel