5 gejala sistem kekebalan tubuh yang lemah

 

Kita semua memiliki sistem kekebalan tubuh; itu membentuk bagian integral dari bagaimana tubuh manusia berfungsi.

Anda mungkin tidak berpikir terlalu banyak tentang hal itu karena itu adalah sesuatu yang anda tidak bisa melihat. Tapi itu bertanggung jawab untuk banyak dan terus-menerus bekerja jauh dalam tubuh kita untuk melindungi kita dari sakit

Apa itu sistem kekebalan tubuh?

Sistem kekebalan tubuh kita bukan hanya satu hal, misalnya satu organ atau otot dalam tubuh kita. Ini mewakili sekelompok organ, sel, dan bahan kimia kolektif yang bertanggung jawab untuk memungkinkan kita melawan kuman, infeksi, dan penyakit.

Organ, sel, dan bahan kimia ini adalah sel darah putih, antibodi, sistem pelengkap (yang terdiri dari protein), sistem limfatik, limpa, thymus dan sumsum tulang

Dan seolah-olah sistem kekebalan tubuh tidak cukup untuk melindungi kita dari mikroba jahat, kita juga memiliki kulit, paru-paru, saluran pencernaan dan cairan tubuh kita, seperti air liur dan air mata kita, semua bekerja jauh untuk membela kita juga.

Sementara sebagian besar dari kita dilahirkan dengan sistem kekebalan tubuh, adalah mungkin bagi bayi untuk dilahirkan tanpa satu, membuat mereka sangat rentan terhadap infeksi. Penyakit langka ini diperkirakan terjadi pada lebih dari 1 dari 100.000 kelahiran. Dalam keluarga di mana orang tua terkait secara genetik, tingkat ini  dapat meningkat menjadi 1 dari 5.000 kelahiran.

Apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh lemah?

Penyakit kekurangan kekebalan tubuh dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita tidak berfungsi dengan baik. Anda dapat dilahirkan bersama mereka (penyakit imunodefisiensi primer) atau Anda memiliki gangguan imunodefisiensi sekunder. Orang-orang dengan riwayat keluarga gangguan imunodefisiensi primer berisiko lebih tinggi untuk mengembangkannya. 

Pada dasarnya, apa pun yang melemahkan sistem kekebalan tubuh dapat menyebabkan gangguan imunodefisiensi sekunder.3 Contoh lainnya termasuk:

  • Penuaan - karena lebih sedikit sel darah putih yang diproduksi
  • Kekurangan protein
  • Kurang tidur - tubuh kita menghasilkan protein saat kita tidur
  • Gejala sistem kekebalan tubuh yang lemah

Ada tanda-tanda cerita tertentu yang dapat menunjukkan jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Kami telah mencantumkan lima di antaranya di bawah ini:

1. Anda terus-menerus kedinginan

Memiliki dingin tua setiap sekarang dan kemudian adalah normal, tetapi jika Anda telah secara permanen punya satu, maka tubuh Anda bisa memberitahu Anda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda benar-benar menderita.

Pilek permanen adalah indikator bahwa tubuh Anda tidak dilengkapi untuk melawan kuman. Menangkap dua hingga tiga pilek selama musim dingin, yang berlama-lama, adalah tanda pasti sistem kekebalan tubuh Anda tidak benar.

2. Anda mengembangkan infeksi telinga secara teratur

Dengan ini, kami berarti lebih dari empat infeksi setahun. Seperti halnya pilek, jika Anda terus-menerus terkena infeksi telinga, maka sistem kekebalan tubuh Anda tidak cukup menembak pada semua silinder. Ini mungkin bisa berarti Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

3. Anda selalu lelah

Kebanyakan orang merasa lelah sebagai akibat dari kesibukan, kehidupan yang selalu dihidupkan kita sekarang semua memimpin, tetapi jika Anda merasa terkuras secara permanen, maka sistem kekebalan tubuh Anda mungkin tidak beroperasi dengan baik. Ini berarti Anda bisa usang lebih cepat karena tubuh Anda harus bekerja sangat keras untuk menyesuaikan kuman, infeksi, dan bakteri.

4. Anda merasa benar-benar stres

Menurut penelitian, stres jangka panjang mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh karena fakta itu mengurangi limfosit kita, sel darah putih yang melawan infeksi. Semakin rendah kadar sel darah putih Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk masuk angin atau bentuk infeksi lainnya.

5. Anda memiliki masalah pencernaan

Jika Anda mengalami diare selama dua hingga empat minggu, maka sistem kekebalan tubuh Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik dan mungkin benar-benar membahayakan lapisan usus kecil atau saluran pencernaan Anda.

Sembelit juga merupakan bel alarm juga. Jika buang air besar Anda sulit dilewati atau terlihat seperti pelet kecil, sistem kekebalan tubuh Anda mungkin memaksa usus Anda untuk melambat. Ini mungkin juga disebabkan oleh bakteri, virus dan kondisi kesehatan lainnya juga.9

Cara menjaga sistem kekebalan tubuh Anda

Jika Anda menjaga sistem kekebalan tubuh Anda, maka mudah-mudahan akan lebih baik dapat menjaga Anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda perhatikan:

Kesejahteraan keseluruhan

Stres telah dikaitkan dengan menyebabkan gangguan sistem kekebalan tubuh, jadi jika memungkinkan, cobalah untuk mengurangi tingkat stres Anda.

Anda dapat melakukan ini dengan 10 cara

  • Mendapatkan tidur malam yang baik
  • Tidak minum terlalu banyak alkohol atau kafein
  • Mengobrol melalui kekhawatiran Anda dengan orang-orang yang Anda percayai atau menuliskannya
  • Bersantai dengan menggunakan perhatian, meditasi atau latihan pernapasan
  • Melakukan lebih banyak hal yang paling Anda sukai / nikmati.
  • Diet

Idealnya, Anda ingin mendapatkan 'lima hari' Anda, seperti yang direkomendasikan oleh NHS. Anda mungkin juga ingin melangkah lebih jauh dengan memastikan diet Anda menggabungkan beberapa, atau semua, vitamin dan mineral, yang terkait dengan kesehatan sistem kekebalan tubuh yang baik.

Mereka termasuk:

  • Vitamin A - ditemukan di hati, susu dan keju dan sayuran berdaun hijau gelap dan buah jeruk
  • Vitamin C - hadir dalam buah dan sayuran, termasuk paprika, kiwi, jeruk, tomat, blackcurrant dan brokoli
  • Seng - makan daging, unggas, telur, keju, serta sayuran akar, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan sereal dan roti gandum.
  • Selenium - ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, biji-bijian, sayuran, telur, unggas, ikan dan kerang
  • Vitamin D - sebagian besar berasal dari sinar matahari, tetapi juga ditemukan dalam ikan berminyak, telur, sereal sarapan yang diperkaya, spread dan produk susu

langkah-langkah lain untuk mendukung kekebalan Anda

Langkah-langkah lain termasuk: tidak merokok, berolahraga secara teratur untuk mendapatkan lebih banyak endorfin 'merasa baik' yang memompa di sekitar tubuh Anda, mempertahankan berat badan yang sehat dan mencoba menghindari infeksi dengan mencuci tangan secara teratur dan memasak daging secara menyeluruh.

Mudah-mudahan, tubuh Anda akan menunjukkan / memberi tahu Anda jika sistem kekebalan tubuh Anda tidak sekuat seharusnya dengan menunjukkan gejala seperti yang tercantum di atas.

Dimungkinkan juga untuk mengikuti tes darah untuk menentukan apakah tubuh Anda memiliki tingkat protein melawan infeksi (imunoglobulin) yang benar dalam darah Anda. Tes ini juga dapat mengukur kadar sel sel darah dan sistem kekebalan tubuh. Jumlah abnormal sel-sel tertentu dapat menunjukkan cacat sistem kekebalan tubuh. Untuk saran lebih lanjut tentang ini, bicaralah dengan profesional medis.

Untuk dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh jangan sampai anda lupa memakan makan-makanan yang bergizi dan tidak tidur larut malam.

Imun tubuh merupakan suatu cara untuk memproteksi tubuh terhadap penyakit. jika imun tubuh anda kuat pasti akan terhindar dari segala jenis macam penyakit. begitu pula jika imun tubuh lemah maka penyakit apapun bisa masuk kedalam tubuh dengan mudahnya.

Imun tubuh dapat naik serta turun tergantung dari kondisi keadaan lingkungan. apabila cuaca disekitar daerah anda sedang mengalami musim dingin maka imun anda akan menurun jika keadaan tubuh anda tidak kuat terhadap suhu dingin.tapi bukan berarti kondisi tubuh orang lain juga mengalami kejadian sama persis dengan anda. Keadaan imun orang beda-beda jadi itu semua tergantung respon tubuh anda terhadap keadaan lingkungan anda.

Jawab Soal seseorang yang selalu memberikan bantuan di internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel